• Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Cara Membuat Keranjang Kuning di TikTok

Cara membuat keranjang kuning di TikTok sebenarnya cukup simpel. Namun, masih banyak orang yang belum tahu proses pembuatannya. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan bocoran lengkapnya untuk Anda.

Bagi pemilik sebuah usaha, mencoba berjualan di TikTok layak dicoba.

Pasalnya, TikTok mempunyai fitur TikTok Shop yang memungkinkan Rekan Ordal untuk berjualan di sana.

Anda dapat memanfaatkan TikTok untuk meraih keuntungan, sebab di luar sana banyak orang telah terbukti berhasil meraih omzet gila-gilaan dengan berjualan lewat platform tersebut.

Salah satu syarat untuk memaksimalkan potensi berjualan di TikTok adalah dengan memunculkan keranjang kuning.

Dengan kehadiran keranjang kuning, calon konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi di TikTok.

Nah, cara membuat keranjang kuning di TikTok dapat Rekan Ordal lihat di bawah ini!

Apa Itu Keranjang Kuning di TikTok?

Sebelum membahas cara buat keranjang kuning di TikTok, ada baiknya Rekan Ordal mengetahui pengertian dari keranjang kuning itu sendiri.

Keranjang kuning di TikTok adalah fitur yang memungkinkan penjual menambahkan tautan produk langsung ke dalam konten video atau siaran langsung mereka.

Kehadiran ikon keranjang kuning, bakal memudahkan penonton untuk melihat detail produk sekaligus melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi TikTok.

Bagi mereka yang berjualan di TikTok, fitur ini wajib dimunculkan.

Lalu, bagaimana cara menambahkan keranjang kuning di TikTok?

Untuk menambahkan keranjang kuning ke konten, Anda perlu memiliki TikTok Shop terlebih dulu.

Setelah terdaftar, Anda dapat menautkan produk ke video atau konten di TikTok, sehingga ikon keranjang kuning akan muncul dan dapat diakses oleh penonton.

Cara Membuat Keranjang Kuning di TikTok

1. Harus Mempunyai TikTok Shop Terlebih Dulu

Seperti yang sudah disebutkan, syarat utama untuk memunculkan keranjang kuning adalah memiliki TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan fitur TikTok yang dapat dipakai oleh pengguna menjual produknya secara langsung lewat aplikasi TikTok.

Adapun cara membuat TikTok Shop bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Pertama, silakan akses laman berikut https://seller-id.tokopedia.com/account/login.
  • Anda bisa log in dengan nomor HP, email, atau lewat akun TikTok yang sudah didaftarkan.
  • Berikutnya pilih jenis bisnis, antara milik perorangan atau korporasi.
  • Isi nama toko.
  • Lakukan verifikasi data dan informasi toko Anda, siapkan pula dokumen pribadi seperti KTP.
  • Masukan email yang akan dipakai di TikTok Shop.
  • Nantinya Anda akan dikirim kode verifikasi lewat email yang sudah didaftarkan.
  • Masukan kode verifikasi dan klik konfirmasi.
  • Proses tersebut akan memakan waktu beberapa saat.
  • Setelah diverifikasi, Anda dapat langsung menambahkan produk untuk berjualan di TikTok Shop.
BACA JUGA  Cara Menghapus Produk di TikTok Shop dengan Mudah dan Terbaru Tahun 2025

Berikutnya akan diberikan panduan atau bocoran untuk menambahkan produk ke TikTok Shop:

  • Masuk ke TikTok Seller Center.
  • Klik “Add Product” atau “Tambah Produk”.
  • Isi detail produk seperti nama, kategori, deskripsi, harga, dan unggah foto produk.
  • Jika produk memiliki variasi (misal: warna atau ukuran), tambahkan informasi tersebut.
  • Setelah lengkap, klik “Publish” atau “Terbitkan”.

Sementara untuk menerima pembayaran, Rekan Ordal dapat rekening bank, berikut caranya:

  • Masuk ke TikTok Seller Center.
  • Pilih “Tautkan Rekening Bank” atau “Link Bank Account”.
  • Isi informasi rekening bank Anda dengan benar.
  • Setelah selesai, klik “Kirim” atau “Submit”.

2. Cara Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok

Setelah seluruh proses di atas rampung, Anda bisa mulai membuat atau memunculkan keranjang kuning di TikTok.

Cara menambahkan keranjang kuning di TikTok mudah, silakan tiru langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara Membuat Keranjang Kuning di TikTok Video

Masuk ke Akun TikTok Shop:

  • Siapkan video yang hendak Anda upload
  • Setelah selesai membuat video, pilih next, lalu pilih opsi “Add Product” atau “Tambah Produk”.
  • Pilih produk yang sudah Anda tambahkan di TikTok Shop.
  • Klik Simpan dan publikasikan video Anda.

Secara otomatis, keranjang kuning akan muncul di video yang Anda upload.

Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok saat Live

Sama halnya seperti menambahkan keranjang kuning di konten video, untuk menambahkan keranjang kuning ketika live sangat mudah.

Berikut panduannya:

  • Login ke akun TikTok Anda yang sudah terhubung dengan TikTok Shop.
  • Klik ikon “+” di tengah bawah layar untuk memulai live
  • Setelah itu, cari dan klik ikon “Keranjang” (biasanya terlihat di sisi layar live).
  • Pilih produk dari katalog TikTok Shop Anda.
  • Klik “Tambahkan ke Keranjang” untuk mempublikasikan produk selama live.
  • Keranjang kuning akan otomatis muncul, sehingga penonton dapat mengkliknya untuk melihat detail produk atau langsung membeli.
BACA JUGA  Cara Menaikan Rating Shopee yang Efektif. Bisa Dicoba Semua Seller!

Tips Memaksimalkan Keranjang Kuning di TikTok

cara menambahkan keranjang kuning di tiktok
Foto: freepik.com/tirachardz

Untuk meningkatkan penjualan di TikTok, Anda harus benar-benar memanfaatkan fitur keranjang kuning.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan strategi atau kiat-kiat khusus supaya Rekan Ordal mampu memaksimalkannya.

1. Optimalkan Setiap Produk di TikTok Shop Anda

Untuk memastikan produk Anda menarik, mulailah dengan menjelaskan produk secara jelas dan singkat.

Deskripsi harus mencakup manfaat utama produk, seperti apa yang bisa diberikan kepada pembeli atau masalah apa yang bisa diselesaikan dengan produk tersebut.

Misalnya, jika Anda menjual alat masak, Anda bisa menyoroti keunggulan seperti efisiensi waktu, material yang aman, atau kemudahan perawatan.

Selain itu, tambahkan informasi tentang cara penggunaan produk secara praktis sehingga calon pembeli langsung memahami nilai dan kegunaannya.

Jangan lupa untuk menyertakan spesifikasi penting seperti ukuran, bahan, warna, atau fitur tambahan yang relevan.

Untuk membuat deskripsi lebih mudah ditemukan, gunakan kata kunci yang sering dicari pembeli, seperti “alat masak anti lengket” atau “sepatu olahraga ringan,” agar produk lebih mudah muncul di hasil pencarian TikTok Shop.

Bukan itu saja, gambar dan video produk juga memainkan peran penting dalam menarik perhatian pembeli.

Usahakan foto yang diunggah jelas dan tajam, sehingga produk terlihat menarik. Gunakan latar belakang bersih atau props sederhana yang mendukung visual produk tanpa mengalihkan fokus.

2. Maksimalkan Konten Video untuk Promosi Produk

Konten di TikTok adalah ujung tombak promosi Toko Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda memaksimalkan setiap konten yang diunggah.

Untuk memaksimalkan konten video di TikTok, penting untuk membuat video promosi yang singkat, padat, dan menarik perhatian dalam waktu 15-30 detik.

Format pendek ini dianggap menjadi kunci karena audiens TikTok memiliki rentang perhatian yang relatif singkat.

Berdasarkan hal tersebut, pastikan video langsung menyampaikan poin utama tentang produk Anda, seperti manfaat utama atau solusi yang ditawarkan.

Anda bisa menggunakan berbagai gaya, misalnya gaya bercerita (storytelling) untuk menarik perhatian.

Selain membuat konten sendiri, Anda dapat memaksimalkan affiliate agar produk Anda dipromosikan oleh para kreator.

Langkah ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan, di sisi lain Anda tak perlu mengeluarkan bujet promosi yang besar.

BACA JUGA  Jasa Konsultan Bisnis: Pengertian, Tugas, dan Keuntungannya

3. Strategi Live Streaming

Terakhir, live streaming sangatlah berperan besar dalam meningkatkan penjualan lewat keranjang kuning.

Untuk mempersiapkan live yang efektif di TikTok, mulailah dengan merancang skrip yang akan memandu alur live.

Skrip ini penting untuk menjaga fokus dan memastikan bahwa semua informasi penting tentang produk Anda tersampaikan dengan baik.

Tentu, skrip yang dibuat hanya sebagai gambaran saja.

Namun, di dalam skrip dapat memuat penjelasan detail produk, demonstrasi, hingga sesi tanya jawab dengan penonton.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memastikan seluruh produk yang akan dipromosikan sudah ditambahkan ke keranjang kuning sebelum live dimulai.

Dengan begitu, penonton dapat dengan mudah mengaksesnya selama sesi berlangsung.

Selama live, berikan penawaran eksklusif yang hanya berlaku saat live berlangsung.

Penawaran seperti diskon khusus, hadiah tambahan, atau promo terbatas dapat menciptakan urgensi bagi penonton untuk segera membeli.

Tampilkan produk secara langsung dengan memegangnya di depan kamera. Jika memungkinkan, tunjukkan cara penggunaan produk untuk memberikan gambaran yang lebih nyata kepada penonton.

Jelaskan keunggulan produk secara rinci, tetapi tetap realistis agar penonton merasa percaya terhadap klaim Anda.

Kemudian, interaksi dengan penonton adalah kunci kesuksesan live.

Jawab pertanyaan yang muncul di kolom komentar secara real-time untuk menciptakan keterlibatan yang lebih personal.

Kenapa ini penting? Sebab, dengan adanya interaksi penonton merasa dihargai dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

Live pun jadi kunci karena penonton bisa melihat produk yang mereka incar dijelaskan dulu secara detail.

Maka dari itu, manfaatkan live dengan maksimal!

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai cara buat keranjang kuning di TikTok.

Caranya sangat mudah dan dapat Rekan Ordal coba sendiri.

Sebelum memunculkan keranjang kuning, pastikan Anda daftar terlebih dulu TikTok Shop.

Kemudian, untuk memaksimalkan penjualan di TikTok Anda harus menata produk dengan benar, membuat konten dengan ciamik, dan memanfaatkan live sebaik mungkin.

Jika dilakukan dengan konsisten dan strategi yang diterapkan berhasil, bukan tak mungkin Anda akan berhasil meraih banyak keuntungan dengan berjualan di TikTok. 

Selamat mencoba dan semoga ulasan di atas bermanfaat!

***Foto: freepik.com