• Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Cara Mengajukan Banding TikTok Live

Cara mengajukan banding TikTok live sebenarnya sangat mudah. Berikut beberapa langkahnya!

Fitur live di TikTok sering digunakan seller untuk menjual produk mereka.

Hasilnya pun tak main-main, banyak seller yang berhasil meraup keuntungan dengan berjualan lewat platform tersebut.

Namun terkadang, sesi live di TikTok tidak mudah.

Tak sedikit pengguna, termasuk seller, yang mendapatkan poin pelanggaran karena sesi live yang dilakukan.

Bila demikian, apa yang bisa kita lakukan?

Pertama, Rekan Ordal tak perlu khawatir.

Sebab, Anda dapat langsung melakukan banding ketika muncul pemberitahuan poin pelanggaran.

Cara mengajukan banding TikTok live pun sangat mudah!

Ingin tahu, seperti apa cara mengajukan banding TikTok live itu? Selengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini!

Baca Juga: Tata Cara Banding TikTok dengan Mudah, Catat Baik-Baik!

Apa Itu Poin Pelanggaran TikTok?

Bingung Strategi untuk Ningkatin Penjualan di TikTok Shop? Ordal Siap Dampingi Anda dengan Bocoran “A1” dari Sumber Terpercaya!

pendampingan ordal

KLIK INI UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT

Sebelum mengetahui cara mengajukan banding TikTok live, mari kita simak pengertian poin pelanggaran dari TikTok.

Poin pelanggaran TikTok adalah sistem yang digunakan oleh TikTok untuk melacak dan menangani pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna terhadap pedoman komunitas platform.

Sistem tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan TikTok tetap aman dan nyaman bagi semua pengguna.

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui tentang poin pelanggaran dari TikTok:

  • Poin pelanggaran diberikan sebagai akibat dari pelanggaran terhadap aturan yang berlaku di platform.
  • Jumlah poin pelanggaran yang diberikan disesuaikan dengan tingkat keseriusan dan dampak pelanggaran tersebut.
  • Jika total poin pelanggaran mencapai ambang tertentu, TikTok akan mengambil langkah penegakan yang sesuai dengan ambang tersebut.
  • Poin pelanggaran dari setiap pelanggaran akan otomatis dihapus setelah 180 hari kalender. Namun, untuk pelanggaran berulang, tindakan penegakan tetap dapat dilakukan tanpa memperhatikan periode waktu tersebut.
  • Selain pemberian poin pelanggaran, platform juga berhak menerapkan tindakan korektif atau kontrol tambahan jika diperlukan.

Jenis Pelanggaran yang Mendapatkan Poin Pelanggaran

Mendapatkan Poin Pelanggaran di TikTok? Segera hubungi Ordal!

Kami siap membantu dan menjawab semua pertanyaan Anda.

Nama Anda

Nomor Whatsapp

Pesan Anda (opsional)

Lalu, apa saja jenis pelanggaran yang bakal mendapatkan poin pelanggaran?

Berikut detailnya:

1. Penjual dan Kualifikasi Produk

  • Kualifikasi yang Hilang: 6–48 poin pelanggaran
  • Kualifikasi Kadaluarsa: 4–48 poin pelanggaran
  • Kualifikasi Tidak Otentik: 12–48 poin pelanggaran

2. Hak Kekayaan Intelektual

  • Pelanggaran Kekayaan Intelektual (KI): 1–48 poin pelanggaran
  • Produk Palsu: 4–48 poin pelanggaran
  • Produk Tiruan: 0–4 poin pelanggaran
BACA JUGA  Ini Dia Alasan Kenapa Upload Produk di TikTok Shop Gagal. Seller Wajib Tahu!

3. Daftar Produk

  • Kategori Produk yang Tidak Pantas: 0–48 poin pelanggaran
  • Daftar atau Pengiriman Produk Terlarang: 6–48 poin pelanggaran
  • Daftar atau Pengiriman Produk yang Tidak Didukung: 0–48 poin pelanggaran
  • Ketidakpatuhan terhadap Pedoman Pencatatan: 0–48 poin pelanggaran

4. Kualitas Produk (Pemeriksaan Pengambilan Sampel)

  • Pelanggaran Kualitas Produk: 0–48 poin pelanggaran

5. Layanan Pelanggan

  • Tingkat Respons 24 Jam Rendah: 1 poin pelanggaran
  • Komunikasi Pelanggan yang Tidak Pantas/Terlarang: 1–12 poin pelanggaran

6. Pemenuhan Penjual

  • Tingkat Pembatalan Karena Kesalahan Penjual Tinggi: 2–4 poin pelanggaran
  • Tingkat Keterlambatan Pengiriman Tinggi: 2–4 poin pelanggaran
  • Pengembalian/Pengembalian Dana Karena Kesalahan Penjual Tinggi: 2 poin pelanggaran
  • Pengiriman Barang yang “Secara Signifikan Tidak Seperti yang Dijelaskan”: 1–48 poin pelanggaran

7. Konten E-Commerce

  • Konten Reproduksi: 48 poin pelanggaran
  • Promosi Produk yang Dilarang atau Tidak Didukung: 6–48 poin pelanggaran
  • Promosi Produk yang Tidak Konsisten: 1–48 poin pelanggaran

8. Kegiatan yang Dilarang oleh Hukum dan Peraturan

  • Pelanggaran: 48 poin pelanggaran

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa View TikTok Menurun, Lengkap dengan Solusinya

Tindakan Penegakan dari TikTok

Jenis tindakan penegakan dari TikTok berbeda-beda, tergantung tipe pelanggaran yang didapatkan pengguna.

Namun, bagi mereka yang mendapatkan total 48 poin pelanggaran, TikTok akan membekukan toko penjual secara permanen.

Penegakan pun bakal dilakukan TikTok kepada pengguna yang mendapatkan poin pelanggaran kurang dari 48, seperti peringatan resmi hingga menurunkan traffic live.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan banding jika mendapatkan poin pelanggaran.

Cara Mengajukan Banding TikTok Live

Ordal Bakal Dampingi Anda untuk Memberikan Strategi Tepat supaya Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda!

pendampingan ordal 1

KLIK INI UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT

Bila seorang penjual yakin poin pelanggaran yang didapatnya tak sesuai dengan kenyataan atau kesalahan sistem, Rekan Ordal bisa melakukan banding.

Dengan melakukan banding, TikTok akan menyelidikinya dan lekas mengambil tindakan korektif bila terjadi kesalahan.

Akan tetapi, banding tak serta merta bisa langsung dilakukan.

Sebagai panduan, inilah tata cara banding pelanggaran TikTok:

1. Buka Aplikasi TikTok:

  • Pastikan Anda masuk ke akun yang terkena pelanggaran.

2. Akses Kotak Masuk:

  • Ketuk ikon Kotak Masuk di bagian bawah aplikasi.
  • Cari Notifikasi yang terkait dengan pelanggaran live Anda. Biasanya, TikTok akan mengirimkan pemberitahuan jika siaran langsung dihentikan atau melanggar kebijakan.

3. Pilih Notifikasi Pelanggaran:

  • Buka pemberitahuan yang menjelaskan alasan pelanggaran. TikTok biasanya memberikan detail tentang jenis pelanggaran dan tindakan yang diambil.
BACA JUGA  Kenapa Jualan di TikTok Sepi Pembeli? Ini Solusinya!

4. Klik “Ajukan Banding”:

  • Di notifikasi pelanggaran, cari opsi “Ajukan Banding” atau “Appeal”. Ketuk opsi ini untuk memulai proses banding.

5. Isi Formulir Banding:

  • Jelaskan alasan mengapa Anda merasa tindakan TikTok tidak adil. Sertakan detail yang relevan untuk mendukung banding Anda.
  • Pastikan Anda menulis dengan jelas dan tidak melanggar kebijakan TikTok.

6. Kirim Banding:

  • Setelah mengisi formulir, kirim banding Anda. TikTok akan memproses permintaan Anda dalam beberapa waktu.

7. Tunggu Respons dari TikTok:

  • TikTok akan memberi tahu hasil banding melalui Kotak Masuk. Pastikan untuk memeriksa secara berkala.

Hasil dari Banding

Setelah mengajukan banding, Anda hanya perlu menunggu pemberitahuan selanjutnya.

Bila banding berhasil, TikTok akan mencabut sanksi yang diberikan.

Beda halnya jika banding ditolak, maka Anda harus menerima dan mengevaluasi sesi live selanjutnya.

Agar banding Anda diterima oleh TikTok, Anda harus mempersiapkan penjelasan yang kuat, sopan, dan sesuai dengan kebijakan platform. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang cara meningkatkan peluang agar banding Anda diterima:

1. Pahami Alasan Pelanggaran

Pertama, Anda bisa memahami dulu alasan TikTok memberikan poin pelanggaran.

Setelah itu, identifikasi masalahnya; apakah pelanggaran itu terjadi karena kesalahan Anda, sistem TikTok, atau laporan yang tidak valid?

Sebelum mengajukan banding, baca dan pahami pedoman komunitas TikTok untuk memastikan konten Anda tidak benar-benar melanggar aturan.

2. Kumpulkan Bukti

Bila pelanggaran yang diterima karena kesalahan sistem atau tak sesuai di lapangan, Anda bisa langsung mengumpulkan bukti.

Jika memungkinkan, Anda bisa mengirim rekaman siaran langsung yang bisa menunjukkan bahwa Anda tidak melanggar aturan.

Selain itu, sertakan bukti tambahan, seperti tangkapan layar chat atau aktivitas lain yang relevan selama siaran.

3. Ajukan Penjelasan yang Jelas dan Detail

Ketika mengajukan banding, silakan tulis penjelasan dengan sopan.

Hindari nada marah, menyalahkan, atau kasar dalam penjelasan Anda.

Rekan Ordal juga bisa menyebutkan dengan rinci alasan mengapa Anda merasa pelanggaran itu salah.

4. Hindari Alasan Umum yang Lemah

Jangan sekadar mengatakan: “Saya tidak tahu ini melanggar” atau “Saya tidak sengaja.” Pastikan banding Anda berfokus pada alasan spesifik dan bukti yang relevan.

5. Jangan Berulang Kali Melanggar

Bila TikTok melihat Anda telah sering melanggar, meskipun kecil, mereka mungkin menganggap pelanggaran kali ini sebagai pola perilaku buruk.

Maka itu, hindari pelanggaran sebelumnya agar akun Anda terlihat kredibel.

6. Tindak Lanjut

Setelah mengirim banding, tunggu respons TikTok. Proses ini bisa memakan waktu hingga beberapa hari.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Poin Pelanggaran TikTok Shop, Terbukti Berhasil!

Seperti yang sudah disebutkan, jika banding diterima, hak live Anda akan dipulihkan, tetapi jika ditolak, gunakan pengalaman ini untuk menghindari pelanggaran di masa mendatang.

Tips untuk Mengurangi Poin Pelanggaran

Bila telanjur mendapatkan poin pelanggaran, TikTok Mentor Specialist dari Ordal, Nizar Akbar, memberikan sedikit tips untuk menguranginya.

Menurut Nizar, setiap 30 sampai 60 hari sekali, TikTok akan memberikan sebuah kuis bernama Kuis Kebijakan Kreator TikTok Shop yang reward-nya adalah bisa mengurangi poin pelanggaran.

“Jadi dengan kuis itu bisa setidaknya yang mengurangi 1 sampai 2 poin,” jelas Nizar.

Pertanyaan kuis pun relatif sederhana.

Di mana kita bisa mengikuti kuis tersebut?

Kuis Kebijakan Kreator TikTok Shop dapat diakses melalui profil TikTok Shop.

Anda dapat memilih tiket pelanggaran yang kuisnya ingin diikuti, lalu klik “Mulai kuis”.

Kuis akan tersedia sejak tanggal tiket pelanggaran diterbitkan dan akan kedaluwarsa pada hari terakhir bulan berikutnya.

Namun sekali lagi, kuis itu muncul tak setiap hari. Anda bisa terus mengecek pemberitahuan untuk memantau kuis terbaru.

Tingkatkan Penjualan di TikTok Shop dengan Pendampingan dari Ordal

Ingin penjualan di TikTok Shop berkembang atau toko online Anda ingin lebih teroptimasi maksimal?

Coba minta pendampingan dari Ordal!

Ordal (Orang Dalam) hadir untuk membantu Anda, para pelaku usaha, meningkatkan performa dan penjualan di TikTok Shop.

Dengan layanan pendampingan 1-on-1 dan webinar khusus, kami memberikan solusi terarah untuk mengoptimalkan toko Anda.

Pendampingan yang dilakukan intensif sehingga memastikan toko Anda teroptimasi maksimal, termasuk bila toko mendapatkan pelanggaran, tim dari Ordal akan memberikan solusi konkret.

Selain bimbingan intensif, Ordal mempunyai informasi “bocoran” yang langsung didapat dari TikTok Shop atau Shopee.

Kesimpulan

Mengajukan banding TikTok live adalah langkah penting jika Anda merasa mendapatkan poin pelanggaran yang tidak sesuai.

Prosesnya cukup sederhana, mulai dari memahami notifikasi pelanggaran, mengajukan banding dengan bukti kuat, hingga menunggu keputusan TikTok.

Persiapan yang matang, seperti mengumpulkan bukti relevan dan memberikan penjelasan yang jelas, akan meningkatkan peluang banding Anda diterima.

TikTok menggunakan sistem poin pelanggaran untuk menjaga platform tetap aman dan nyaman.

Namun, pelanggaran yang tidak disengaja atau akibat kesalahan sistem dapat dikoreksi dengan mengajukan banding.

TikTok juga menawarkan kuis kebijakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi poin pelanggaran yang telah diterima.

Baca Juga: Cara Mengatasi Shadow Ban TikTok dari Ahli yang Layak Dicoba

***Foto: freepik.com